Events

BEDAH BUKU INSTITUT PENDIDIKAN INDONESIA GARUT TAHUN 2020

Kegiatan bedah buku ini merupakan kegiatan yang dicanangkan oleh Rektor IPI Garut dalam rangka menggalakkan literasi pada masa pandemic covid-19 yang bertujuan untuk memotivasi para akademisi dan praktisi untuk menuangkan ide dan gagasannya menjadi sebuah buku yang dipublikasi.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru bagi para Dosen, Guru, dan Mahasiswa tentang pentingnya produktifitas menulis.

Pelaksaaan kegiatan ini diawal dari pukul 7.00 s.d. 11.30 WIB pada tanggal 19 Desember 2020 secara daring dengan menggunakan Aplikasi Zoom Meeting dengan Peserta kegiatan tersebut sebanyak 337 orang dengan beragam profesi meliputi Guru, Mahasiswa, Kepala Sekolah, pegawai honorer.

Penulis

  1. Budi Suhardiman, M.Pd. (dari RSBI ke seribu Prestasi)
  2. Encep Suherman, M.Pd., Dr. Asep Nurjamin, Ardi Mulyana, M.Hum. (Sintaksis)
  3. Abdul Hasim, M.Pd. (Serba-serbi Bahasa Indonesia)

Pembedah  

  1. Asep Nurjamin. M.Pd.
  2. Agus Hamdani, M.Pd.
  3. Imam JP, M.Hum.

Materi kegiatan dibagi oleh pembedah ke dalam 3 cakupan dari setiap bukunya;

  1. Keunggulan
  2. Kekurangan
  3. Kritik dan saran

Pada Pukul 7.36, kegiatan presentasi dimulai dengan pengantar dari penulis pertama yakni Dr. Budi Suhardiman, M.Pd. yang kemudian dilanjutkan dengan sesi pembedahan yang disampaikan oleh Dr. Asep Nurjamin, M.Pd. yang diakhiri dengan sesi tanya jawab hingga pukul 8.50 dengan 2 orang penanya Sdra. Mumuk Mulyasari dan Sdra. Misbah Muhibudin.

Sesi selanjutnya, pukul 8.51, pengantar dari penulis kedua yakni Dr. Encep Suherman, M.Pd. sampai pukul 9.05. kegiatan dilanjutkan dengan pembedahan yang disampaikan oleh Dr. Agus Hamdani, M.Pd. yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan dua orang penanya Sdr. Dhea Romdon dan Rustika.

Sesi terakhir, pukul 10.05, pengantar dari penulis ketiga yakni Dr. Abdul Hasim, M.Pd. sampai pukul 10.20. Kemudian kegiatan pembedahan yang disampaikan oleh Imam JP, M.Hum. yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan dua orang penanya Sdr, M. Safari dan Sdri. Erna Sulastri.

Pada pukul 11.20 dilanjutkan dengan promosi dari Penerbit Manggu sampai pukul 11.30. Kemudian acara penutupan dilangsungkan pada Pukul 11.30 WIB . Para peserta mendapatkan ilmu terkait kelebihan, kekurangan, kritik dan saran, dan motivasi menulis buku.

 

No comments yet! You be the first to comment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *