Blog

Ardy Herdiansyah, Mahasiswa Institut Pendidikan Indonesia Wakili Indonesia pada MOS World Championship di Amerika Serikat

Ardy Herdiansyah, Mahasiswa Institut Pendidikan Indonesia Wakili Indonesia pada MOS World Championship di Amerika Serikat

Microsoft Office Specialist (MOS) & Adobe Certified Professional National Championship merupakan kejuaraan yang diadakan setiap tahun oleh MyEduSolve. Pada tahun ini, empat anak bangsa telah terpilih menjadi perwakilan Indonesia untuk kejuaraan dunia yang akan dilaksanakan oleh Certiport di California, Amerika Serikat pada 24-27 Juli 2022 mendatang.

Mereka adalah Xixillia Sunaryo (Universitas Sumatera Utara), Ni Wayan Asa Senjayani (UPN Veteran Yogyakarta), Ardy Herdiansyah (Institut Pendidikan Indonesia), dan Heero Ramadhana (SMA Pradita Dirgantara). Keempat juara nasional ini sedang menjalani pelatihan intensif bersama para instruktur MyEduSolve untuk mempersiapkan diri menghadapi World Championship.

Ardy akan mewakili Indonesia pada kategori Microsoft Word 2019, suatu perlombaan yang menguji kemampuan peserta dalam mengoperasikan software Microsoft Word. Sedangkan, ketiga perwakilan Indonesia lainnya akan bertanding pada perlombaan Adobe Certified Professional, Microsoft PowerPoint 2019, dan Microsoft Excel 2019.

Berawal dari kegiatan organisasi, Ardy mengaku kerap bertugas sebagai seorang sekretaris yang pekerjaannya tidak jauh-jauh dari Microsoft Word. Namun, selain itu, ia merasa bahwa memiliki skill Microsoft Word merupakan hal penting baginya. 

“Karena saya ada di jurusan pendidikan, saya merasa bahwa perlu untuk memiliki kemampuan mengolah data, termasuk salah satunya data di Microsoft Word. Pertama kali belajar Microsoft Word, saya sering nanya-nanya ke kakak kelas atau belajar sendiri, kadang bertanya juga ke guru saya.” Ungkap Ardy.

 

Selain hadiah uang tunai, sertifikat, dan medali, seluruh biaya keperluan pemberangkatan keempat juara nasional ke California hingga kepulangannya ke daerah masing-masing di tanah air juga telah ditanggung oleh MyEduSolve sebagai penyelenggara.

MOS & Adobe Certified Professional National Championship telah diselenggarakan sebanyak tiga kali sejak tahun 2019. Selama dua tahun terakhir, kejuaraan nasional ini harus dilaksanakan secara daring karena situasi pandemi yang belum stabil. Namun, hal ini sama sekali tidak menghalangi anak bangsa untuk dapat menorehkan prestasi bagi dirinya dan juga bagi Indonesia.

Tahun lalu, keempat delegasi Indonesia untuk MOS & Adobe Certified Professional World Championship berhasil menempati posisi 10 besar dunia, mengalahkan ribuan kontestan dari berbagai negara. Untuk pertama kalinya, kita bahkan mampu merebut gelar 3rd Winner Adobe World Championship 2021. Meskipun diselenggarakan secara daring, mereka tetap membuktikan bahwa talenta muda Indonesia juga bisa bersaing dengan negara lain.

Ardy bersama ketiga delegasi Indonesia lainnya sedang berusaha semaksimal mungkin dalam mengikuti pelatihan di MyEduSolve, agar memiliki persiapan yang baik sebelum berangkat ke California untuk bertanding di MOS & Adobe World Championship 2022.

MyEduSolve merupakan perusahaan di bidang teknologi pendidikan yang berfokus untuk meningkatkan kemampuan literasi digital masyarakat Indonesia melalui sertifikasi internasional. Menyelenggarakan lomba nasional Microsoft & Adobe ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan visi tersebut.

admin
administrator
No comments yet! You be the first to comment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *