Program

Jurnal Mosharafa

Sejarah Jurnal Mosharafa

Pada awalnya, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika ini dibuat untuk keperluan publikasi dosen pendidikan matematika di lingkungan kampus STKIP Garut. Seiring dengan perkembangannya, tidak hanya dosen pendidikan matematika STKIP Garut saja tetapi dosen perguruan tinggi lain pun ikut mempublikasikan artikel penelitiannya di jurnal ini. Selain dosen, guru sekolah dan mahasiswa dari berbagai instansi pun ikut berkontribusi dalam menulis dan mempublikasikan di jurnal ini. Ruang lingkup artikel penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Mosharafa meliputi artikel penelitian di bidang pendidikan matematika di tingkat pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Oleh sebab itu, jurnal ini memiliki nama Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. Nama Mosharafa diambil dari seorang tokoh matematikawan dari daerah timur. Volume pertama jurnal Mosharafa ini dimulai dengan pada tahun 2012 dengan diseminasi melalui jurnal versi cetak.

Seiring waktu berjalan, Mosharafa memulai diseminasi tambahan melalui versi online dimulai dari Volume 5 Edisi Bulan September 2016 dengan alamat url http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa. Mosharafa bertahan di domain ini hingga tahun 2018. Perubahan cukup intens dilakukan oleh pengelola jurnal dalam rentang waktu 3 tahun, 2015-2018, dalam hal pengelolaan jurnal. Perubahan ini mencakup perubahan tata Kelola jurnal, domain jurnal, memiliki e-ISSN, tampilan jurnal baik cetak ataupun elektronik, kuantitas dan kualitas artikel yang diterbitkan, editor dan reviewer dari luar kampus mulai bergabung, template jurnal, dan sebagainya. Pada tahun 2016, Mosharafa pertama kali mengajukan akreditasi, akan tetapi hasilnya tidak muncul di tahun yang sama.

Kemudian perubahan ini dilanjutkan saat STKIP Garut berubah nama menjadi Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut, di tahun 2018. Oleh karena hal tersebut, homebase Jurnal Mosharafa berubah menjadi Program Studi Pendidikan Matematika IPI Garut. Tidak hanya itu, domain jurnal pun dipertengahan tahun 2018 berpindah, yang awalnya http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa pindah ke http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa seiring dengan perubahan nama kampus dan juga kolektifitas data seluruh jurnal yang ada di kampus IPI Garut. Berpindahnya domain Mosharafa dimulai dari Volume 7 Nomor 2 Edisi Mei 2018.

Akhirnya, di tahun ini pun Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika terakreditasi SINTA 4 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 21/E/KPT/2018 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2018. Akreditasi berlaku selama 5 (lima) tahun, yaitu Volume 5 Nomor 1 Tahun 2016 sampai dengan Volume 8 Nomor 3 Tahun 2019.

Seiring waktu berjalan, perbaikan dilakukan sedikit demi sedikit, seperti penerapan Mendeley untuk alat cek referensi, penggunaan Turnitin sebagai alat cek plagiasi, perubahan kecil format template guna melengkapi persyaratan untuk akreditasi, dan sebagainya.

Re-akreditasi kembali diajukan pada tanggal 8 Juli 2019, setelah melakukan berbagai perbaikan yang cukup signifikan di berbagai hal dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas artikel yang diterbitkan dan tampilan web ojs jurnal. Hasilnya adalah peringkat SINTA Moshafara: Jurnal Pendidikan Matematika naik dari peringkat 4 ke peringkat 3. Akreditasi ini berlaku selama 5 (lima) tahun, dimulai dari Volume 8 Nomor 2 Tahun 2019 sampai Volume 13 Nomor 1 Tahun 2024.

Pada rentang waktu 3 tahun, 2019-2021, di setiap tahunnya selalu dilakukan evaluasi oleh pengelola jurnal Mosharafa sendiri. Hasilnya berbagai tambahan atau perubahan tampilan dalam web jurnal dan juga tampilan versi cetaknya, mulai memiliki nomor unik (DOI) di setiap nomor dan artikel terbitannya, bergabungnya editor dan reviewer baru dari luar Kampus IPI Garut, dan sebagainya.

Re-akreditasi Kembali diajukan pada bulan Juli 2021, dengan harapan peringkat jurnal dapat naik Kembali. Hasilnya adalah peringkat SINTA Moshafara: Jurnal Pendidikan Matematika naik dari peringkat 3 ke peringkat 2. Akreditasi ini berlaku selama 5 (lima) tahun, dimulai dari Volume 10 Nomor 2 Tahun 2021 sampai Volume 15 Nomor 1 Tahun 2026.

Mosharafa kini SINTA 2

Melihat perkembangan jurnal di Indonesia saat ini, setiap perguruan tinggi pasti memiliki jurnal yang mereka kelola. Akan tetapi, tidak semua jurnal tersebut dikelola dengan baik, alhasil jurnal tersebut berakhir hanya dalam status jurnal lokal saja. Dikatakan jurnal lokal karena seiring perkembangannya pemerintah telah merilis aturan tentang pengertian jurnal serta peringkatnya. Hal ini tertuang dalam Permenristekdikti No 20 Tahun 2017. Disana tergambarkan dengan jelas tentang jurnal yang seperti apa yang dikatakan dengan jurnal nasional dan jurnal nasional terakreditasi, dimana akreditasi yang diakui secara nasional adalah terindeks oleh SINTA (Science and Technology Index). Peringkat SINTA bila diurutkan dari yang tertinggi adalah SINTA 1 s.d. SINTA 6. Setiap jurnal yang dikelola dengan baik, pastilah tergolong dalam salah satu peringkat SINTA ini.

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika berawal dari jurnal lokal, dimana sebagian besar penulis berasal dari kampus IPI sendiri, serta editor dan reviewer pun berasal dari internal kampus. Perubahan cukup drastis terjadi pada tahun 2015 dan 2016, perubahan pengelola jurnal memberikan dampak yang cukup signifikan dalam system tata Kelola jurnal. Mosharafa mulai disebarkan secara online di tahun ini, dengan alamat http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa. Pengajuan e-ISSN dan juga akreditasi pertama kali dilakukan di tahun ini. Bergabungnya beberapa editor dan reviewer dari luar Kampus IPI Garut pun di tahun ini. Di tahun ini pun, kuantitas dan kualitas artikel mulai diperhatikan, penulis pun dating dari berbagai instansi. Tahun 2017, perubahan ke arah yang lebih baik terus dilakukan, menambah indeksasi jurnal, menambah editor dan reviewer jurnal, memperbaiki kualitas artikel yang masuk, dan sebagainya. Kekonsistenan dalam hal tata Kelola dan terbitnya artikel terus dijaga, sampai pada akhirnya, di tahun 2018, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika secara resmi mendapatkan pengakuan terakreditasi SINTA 4. Saat itulah, Mosharafa mulai dikenal seluruh dosen secara nasional, dan peminat yang ingin menulis dan mempublikasikan artikel di Mosharafa, mulai bertambah.

Setelah itu, rentang waktu 2018-2019, pengelola jurnal melakukan perbaikan dan penambahan dari berbagai aspek, serta secara konsisten tetap menerbitkan sesuai dengan jadwalnya. Di pertengahan tahun 2019, re-akreditasi diajukan Kembali, dan tidak lama di akhir tahun, hasil penilaian keluar dan Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika secara resmi naik peringkat, dari SINTA 4 ke SINTA 3. Kenaikan peringkat ini membuat Mosharafa semakin dikenal banyak orang. Hal ini diiringi pula perbaikan tata Kelola jurnal dan juga kualitas jurnal.

Rentang waktu 2020-2021, seperti halnya di tahun-tahun sebelumnya, pengelola jurnal melakukan evaluasi dan perubahan secara positif, melengkapi hal-hal yang belum dilakukan dan memperbaiki hal-hal yang masih keliru atau belum baik. Perubahan tata Kelola jurnal ini berpanduan dari pedoman akreditasi jurnal sehingga di pertengahan tahun 2021, re-akreditasi diajukan Kembali. Hasil penilaian sedikit terhambat dikarenakan adanya perubahan Lembaga pemerintah.

Akhirnya di pertengahan tahun 2022, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika secara resmi naik peringkat, dari SINTA 3 ke SINTA 2. Kenaikan peringkat ini membuat Mosharafa menjadi jurnal pendidikan matematika yang dapat terhitung jumlahnya. Tidak banyak jurnal yang terakreditasi SINTA 2 sehingga Mosharafa semakin dikenal banyak pihak dan semakin dicari. Karena itu, pengelola jurnal berinisiatif untuk melakukan berbagai perubahan dalam menghadapi tantangan ini, sehingga kualitas artikel yang dipublikasikan di Mosharafa nanti semakin berkualitas. Harapan selanjutnya adalah Mosharafa tidak hanya dikenal secara nasional, tetapi juga mendunia. Semoga Mosharafa dapat terus konsisten naik dan dapat memenuhi target berikutnya yaitu terindeks SCOPUS.

Mosharafa di Kampus IPI Garut

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika IPI Garut. Mosharafa merupakan jurnal pertama di IPI Garut yang terindeks secara nasional. Mosharafa memperoleh peringkat SINTA 4 pada tahun 2018. Setelah itu diikuti oleh jurnal PETIK yang terakreditasi SINTA 5. Pada tahun berikutnya, 2019, jurnal Mosharafa mengalami kenaikan peringkat menjadi peringkat SINTA 3. Di tahun yang sama, jurnal lainnya di IPI Garut, yaitu jurnal CIVICOS terakreditasi juga yaitu: SINTA 5. Pada tahun 2022, jurnal Mosharafa mengalami kenaikan peringkat Kembali menjadi peringkat SINTA 2. Kenaikan Kembali peringkat Mosharafa ini diharapkan dapat memotivasi jurnal-jurnal lainnya di kampus IPI Garut. Saat ini, IPI Garut memiliki 17 jurnal, dengan status jurnal yang berbeda-beda. Semoga semangat Mosharafa dapat menular ke jurnal IPI lainnya.

 

Mosharafa SINTA 2, Apa Kata Editor

Editor-in-Chief Mosharafa: Dr. Ekasatya Aldila Afriansyah, M.Sc.

Pencapaian Mosharafa kali ini merupakan pencapaian yang sangat luar biasa. Rasa bangga, gembira, haru, dan perasaan senang lainnya terasa campur aduk di hati saya. Tidak lupa rasa syukur yang tiada terkira atas pencapaian ini. Teringat masa dahulu, saat pertama kali mulai terjun dalam mengelola jurnal Mosharafa di tahun 2015, saya belajar hal baru tentang jurnal dan bagaimana cara mengelolanya dengan menggunakan OJS, serta tidak lupa juga merogoh kocek sendiri demi memenuhi keperluan ini dan itu demi keberlangsungan jurnal Mosharafa. Merangkak naik peringkat dari SINTA 4 (tahun 2018), SINTA 3 (tahun 2019), dan SINTA 2 (tahun 2022). Perjuangan yang tidaklah mudah karna perlu niat dan usaha yang kuat, serta dedikasi yang tinggi dari seluruh tim pengelola jurnal. Tim yang solid sangatlah berpengaruh pada pencapaian ini. Saya berterimakasih kepada seluruh reviewer yang telah membantu Mosharafa selama ini dalam menjamin kualitas seluruh artikel yang diterbitkan Mosharafa, juga kepada Bapak Rektor IPI Garut, Dr. Nizar Alam Hamdani, M.Si., M.T., M.M., yang telah memberikan dukungan penuh pada Mosharafa untuk terus dan terus berkembang dari tahun 2018 sampai sekarang ini, juga kepada seluruh dosen di IPI Garut khususnya dosen prodi Pendidikan matematika IPI Garut yang telah memberikan support pada tim jurnal Mosharafa, dan tidak lupa saya ucapkan terima kasih banyak untuk rekan-rekan editor terutama Ibu Irena Puji Luritawaty, M.Pd. dan Ibu Reni Nuraeni, M.Pd. karna selalu siap membantu dan bekerja keras dalam segala urusan yang dihadapi Mosharafa, susah senang Bersama; serta pihak lain yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Saya pun berharap, kenaikan peringkat Mosharafa ini dapat memotivasi jurnal-jurnal IPI lainnya. Banyak potensi yang dimiliki oleh beberapa jurnal di IPI Garut untuk dapat mengajukan akreditasi di tahun ini. Semoga semakin banyak jurnal di IPI yang terakreditasi SINTA di tahun ini dan tahun-tahun ke depan. Perlu diingat kembali, sebagai seorang dosen, salah satu tugas kita adalah melakukan penelitian, menulisnya, dan mempublikasikannya di jurnal. Karena itu, saya mengajak kita semua untuk mulai menulis dan mempublikasikanya di jurnal. Mari menulis Bersama Mosharafa. Sekian. 😊

Section Editor: Irena Puji Luritawaty, M.Pd.

Mosharafa naik peringkat dari peringkat 3 ke peringkat 2. Rasanya, campur aduk, bahagia, haru, bangga, dan sangat bersyukur. Pencapaian hingga di titik ini sangat luar biasa untuk kami, tim Mosharafa. Semua berkat dukungan dari berbagai pihak, Rektor IPI Garut, Dr. Nizar Alam Hamdani, M.Si., M T., M M., beserta jajarannya; Kaprodi Pendidikan Matematika IPI Garut; Seluruh dosen IPI Garut; Para Reviewer, Editor, dan Author, serta pihak lain yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Terimakasih byk untuk dukungannya🙏. Bukan perkara mudah sampai di titik ini. Teringat dulu, sejak awal diajak bergabung dengan Mosharafa, awam sekali. Saat itu, yg saya tahu hanya sosok editor in chief, Bpk. Dr. Ekasatya Aldila Afriansyah, M.Sc. yang sedang berjuang keras ‘menghidupkan’ kembali Mosharafa. Ia berjuang, berkorban, menunjukkan loyalitasnya untuk jurnal ini. Dari situ saya belajar dan menyimpulkan, hidup bukan melulu tentang imbalan, tetapi dedikasi. Sejak itu, saya membulatkan tekad untuk membantu dan bergabung dengan Mosharafa, bersama seorang teman seperjuangan, Ibu Reni Nuraeni, M.Pd (ceuceu reni). Kami belajar, mengikuti pelatihan, dan berjuang memantaskan diri untuk Mosharafa. Segala perkara tentang mosharafa menjadi prioritas kami. Kami berusaha menjadi tim yang solid, saling memahami, membantu, menyemangati, dan tak jarang juga saling mengeluh karena urusan jurnal tidak selalu berjalan mulus. Ya, tepatnya susah senang bersama. Berbekal itu, tekad kami untuk membuat Mosharafa lebih baik, dan terus lebih baik, menjadi semakin kuat, hingga berbuah manis saat ini. Kami pun tak akan berpuas diri, perjuangan belum selesai, masih banyak yang harus dibenahi dan dikembangkan agar Mosharafa lebih baik lagi. Kami juga berharap, perjuangan kami dapat menginspirasi, dan memberikan semangat bagi para pengelola jurnal lain, khususnya di lingkungan IPI Garut, untuk terus mengembangkan jurnalnya sehingga jurnal di IPI Garut dapat berkembang bersama. Semangat semua!! Jurnal, bkn hnya sekedar wadah publikasi, tetapi juga sarana untuk belajar dan memperluas wawasan. Kita bisa belajar meneliti, menulis, bertukar pikiran, evaluasi diri, aktualisasi diri, dan lainnya. Ayo melangkah, sudah waktunya kita bermanfaat, bukan hanya memanfaatkan.

Section Editor: Reni Nuraeni, M.Pd.

Rasa bangga dan haru atas pencapaian prestasi Mosharafa dari terakreditasi Sinta 3 menjadi Sinta 2. Ini pencapaian yang sangat luar biasa. Semua ini tidak terlepas dari kerja keras dan kekompakan kami sebagai tim editorial jurnal Mosharafa, juga dukungan dari instansi terutama Rektor IPI Garut, Bapak Dr. Nizar Alam Hamdani, M.Si., M.T., M.M., berserta jajarannya, Kaprodi Pendidikan Matematika, juga seluruh dosen, para reviewer, editor, dan author yang senantiasa memberikan dukungan yang penuh untuk perkembangan jurnal Mosharafa. Saya sebagai salah satu tim editor yang bergabung sejak tahun 2018, merasakan arti kekompakan yg luar biasa, kerja sama yg solid demi mewujudkan cita-cita kami untuk memajukan jurnal Mosharafa. Suka duka kami jalani, susah senang bersama, terkadang pekerjaan jurnal tidak selalu mulus, ada kalanya kita sedang disibukkan dengan pekerjaan lain kami sebagai dosen. Tapi kami, terutama Editor in Chief Mosharafa yaitu Bpk Dr. Ekasatya Aldila Afriansyah, M.Sc., yang biasa dipanggil “Pa Ketu” serta rekan editor Ibu Irena Puji Luritawaty, M.Pd. atau yang biasa dipanggil “ceuceu iren” selalu saling menyemangati untuk menyelesaikan pekerjaan jurnal tepat waktu. Tiada kata lelah dan menyerah buat kami demi memajukan jurnal Mosharafa. Kami belajar bagaimana bekerja dengan menjungjung tinggi dedikasi, tidak selalu berorientasi pada imbalan semata. Semangat kami berjuang memajukan jurnal Mosharafa semoga menjadi penyemangat juga bagi pengelola jurnal lain khususnya di lingkungan IPI Garut. Bekerja keras dan kerja sama yg solid dan kompak itu sebagai modal utama mewujudkan mimpi mengembangkan jurnal. Yuuk mengabdi buat memajukan jurnal, semangat semangat semangat!!!

Semoga pencapaian saat ini tidak membuat kami cepat merasa puas, tpi senantiasa menjaga kualitas dan terus meningkatkannya.

admin
administrator
No comments yet! You be the first to comment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *