Blog

Pelepasana Pertukaran Mahasiswa Merdeka IPI Garut

 

Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut melepas 31 Mahasiswa dari 18 Perguruan Tinggi Se-Indonesia dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) yang Inbound (masuk) di IPI Garut.

Pelepasan Bertema : Bertukar sementara, bermakna selamanya, Dilaksanakan di Aula Kampus IPI Garut, Jalan Terusan Pahlawan Nomor 32 Kelurahan Sukagalih Kecamatan Tarogong Kidul, Jum’at (30/12/2022).

Rektor IPI Garut, Dr. Nizar Alam Hamdani, M.M., M.T., M.Si., M.Kom. menuturkan, Pihaknya merasakan kebanggaan tersendiri, Hal ini karena IPI Garut satu-satunya perguruan tinggi di Kabupaten Garut yang menerima Program PMM dari luar.

“Walaupun kegiatannya pelepasan, Namun bukan berarti kita berakhir di sini, mudah-mudahan silaturahmi terus berlanjut sama dengan mahasiswa PMM terus berlanjut, terus kita membina hubungan, baik secara moral dan juga secara kelembagaan dengan perguruan tinggi,”tuturnya.

Melalui Program PMM, kata Ia, Bisa mempelajari keanekaragaman budaya, Keanekaragaman bahasa, Kebudayaan, termasuk tempat-tempat wisata, terutama yang ada di Kabupaten Garut.

“Jadi intinya selama satu semester ini, mudah-mudahan dapat memberikan pengalaman yang kuat mengenai kebudayaan khususnya dan keanekaragaman,”ujarnya.

Kata Dr Nizar, Ada tiga Konsep Budaya Sunda, yakni, Silih Asih, Silih Asuh dan Silih Asah.

Ia menerangkan, Silih Asih artinya saling mengasihi orang lain dengan kepentingan hati, Silih Asah adalah meningkatkan kecerdasan intelektual dengan rasa kemanusiaan, dan Silih Asuh yaitu membina hubungan yang harmonis.

“Jadi saling menyayangi bersama-sama, mengembangkan intelektual, dan membina hubungan harmonis, itu esensi dari kebudayaan yang sebagian besar dianut oleh orang Sunda,”katanya.

Ia menyebutkan, Tahun 2023, Pihaknya membuka 60 kuota untuk Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM).

“Mudah-mudahan, kita terus bekerja sama, dan saya rasa nanti tolong diinfokan ke adik-adik sekalian yang mengikuti PMM, bahwa tahun depan pun, IPI Garut akan menerima PNM mudah-mudahan direkomendasikan untuk datang lagi ke IPI Garut,”harapnya.

admin
administrator
No comments yet! You be the first to comment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *